Sunday, June 17, 2012

Masak Sayur Setelah Air Mendidih Menghilangkan Nutrisi



Memasak sayur yang benar bukanlah dimasukkan setelah air mendidih. Kebiasaan ini dapat menghilangkan nutrisi dalam sayur. Lalu bagaimana cara memasak sayur yang tepat?

Ahli naturopati dr. Amarullah Siregar Ph.D mengungkapkan bahwa ibu-ibu di Indonesia terbiasa memasak sayur mulai dari airnya dingin sampai mendidih agak lama.

Hal ini sebetulnya tidak disarankan. Apalagi kandungan nutrisi dalam sayur sangat mudah larut dalam air, di antaranya vitamin B dan C. "Padahal vitamin B adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah dan mengatur fungsi saraf," tuturnya.

Memasak sayur yang benar dimulai dengan memasukkan sayur saat muncul buih-buih kecil pertama hingga muncul buih besar atau mendidih. Ketika air mendidih, api harus segera dimatikan. Jangan dibiarkan mendidih dalam waktu yang cukup lama.

Penelitian mengatakan memasak sayuran lebih dari 80 derajat dapat menguraikan molekul. Vitamin dalam sayur akan hilang, yang tersisa hanyalah serat.

"Memang agak sedikit keras dan banyak yang menganggapnya belum matang, tapi tidak perlu takut kuman akan mati karena dalam suhu 60 derajat cacing, parasit, dan kuman tidak dapat bertahan hidup," paparnya.

No comments:

Post a Comment