Tuesday, May 8, 2012

Tips Membuat Kaldu Sayuran Sehat



Masakan berkuah kaldu memang lezat dan gurih. Apalagi jika dinikmati hangat saat hujan bersama keluarga. Siapa yang sanggup menolak semangkuk sop sayuran dengan kaldu ayam atau sapi? Namun, ada juga beberapa orang yang terpaksa menghindari kaldu daging dengan alasan kesehatan atau vegetarian. Untuk menyiasati ini, Anda bisa membuat kaldu sayuran. Ya, kaldu sayuran yang murni dibuat dari sayuran yang sehat.

Pakar kuliner William Wongso mengatakan kaldu yang gurih tak selamanya harus dibuat dari daging ayam ataupun sapi. Untuk kalangan vegetarian yang pasti tidak akan menyantap kaldu dari daging misalnya, mereka bisa menggantinya dengan membuat kaldu dari sayuran yang rasanya tak kalah gurih.

Untuk membuat kaldu sayuran ini, Anda bisa membuatnya dari jamur. Gunakan jamur yang memiliki tekstur agak keras seperti shiitake atau champignon. Rebus beberapa buah jamur dengan 2 liter air selama 1 jam. Ketika air sudah menyusut angkat jamur dan kaldu siap dimasak dengan tambahan lainnya.

Kaldu jamur ini juga tak kalah gurih dengan kaldu ayam, malah sebenarnya lebih gurih,” kata William Wongso, ahli masakan tersebut. Jadi sudah dipastikan rasa masakan berkaldu Anda tidak akan berubah kelezatannya.
Yang perlu diingat, ketika membuat kaldu sebaiknya Anda tidak menambahkan garam dan lada ketika awal rebusan supaya kaldu tidak menjadi terlalu asin. Dengan begitu rasa kaldu sayuran tetap nikmat dan jelas lebih sehat. Selamat memasak.

No comments:

Post a Comment